Tips Mengurangi Sampah - SMART CAMPZ
Headlines News :

Resource

Tips Mengurangi Sampah

Written By blogsmartcampz on August 31, 2009 | 10:49:00 PM

Global worming atau pemanasan global menjadi isu yang sangat perlu perhatian khusus. Salah satu indikatornya adalah sampah. Istilah sampah sendiri pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Jika mendengar istilah sampah, pasti yang terlintas dalam benak kita adalah setumpuk limbah yang menimbulkan aroma bau busuk yang sangat menyengat..ih gak enak banget kalo kita dikelilingi sampah!!!...

Sampah adalah zat kimia, energi atau makhluk hidup yang tidak mempunyai nilai guna dan cenderung merusak. tapi dengan kretifitas yang kita punya sampah bisa kita manfaatkan untuk ikut serta dalam program pemanasan global, bahkan menghasilkan uang lho… Tentu bangga donk kita menjadi salah satu pesertanya!!!.. terus gimana caranya?.. berikut ini Ada beberapa cara pengurangan sampah yang lebih baik dan udah. Ada empat prinsip yang dapat kita gunakan dalam menangani masalah sampah ini. Ke empat prinsip tersebut lebih dikenal dengan nama 4R yang meliputi:

  1. Reduce (Mengurangi); sebisa mungkin kita lakukan minimalisasi barang atau material yang kita pergunakan. Coz Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak  pula sampah yang dihasilkan.tentunya gak mau dong sampah bertambah terus sampai menyelimuti  planet bumi kita yang tercinta…

  2. Reuse (Memakai kembali); Nah, sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Coba hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai, buang). Hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.

  3. Recycle (Mendaur ulang); sebisa mungkin, barang-barang yg sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang, Tentunya dengan kreatifitas dan imajinasi. Walaupun Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak ko’ industri non-formal dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain. Alias bisa menghasilkan money coy…!

  4. Replace (Mengganti); teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang barang yang hanya bisa kita pakai sekali saja dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya, ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan styrofoam karena kedua bahan ini tidak bisa didegradasi secara alami.


Tentunya cara ini akan lebih baik digunakan dari pada dengan cara pembakaran. Karena selain mengurangi efek pemanasan global dengan mengurangi volume gas karbondioksida (CO2 ) yang dihasilkan, cara ini tidak mempunyai efek samping baik bagi masyarakat ataupun lingkungan. Hebatkan….! Seperti kata pepatah pencegahan penyakit akan lebih baik dari pada mengobatinya. Kata bijak ini juga bisa digunakan dalam strategi penanganan sampah yakni mencegah terbentuknya sampah lebih baik dari pada mengolah/memusnakan sampah. Karena bagaimanapun mengolah/ memusnahkan sampah pasti akan menghasilkan jenis sampah baru yang mungkin saja lebih berbahaya dari sampah yang dimusnakan. Jadi mari mulai dari sekarang kita bebenah diri untuk mengurangi hal-hal yang bisa membentuk sampah.

By: Arief Najarudin
Share this article :

2 comments:

  1. sip makasih atas infonya satu tugas dh terselesaikan

    ReplyDelete
  2. Thx ya infonya,bwt tugas PLKJ tentang materi sampah bagus juga nih!

    ReplyDelete

Give your best comment!

Silahkan berkomentar sesuai dengan pembahasan artikel di atas!

Thank you - Terimakasih - Hatur Nuhun!

Recent Readers

Advertise

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SMART CAMPZ - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template