Pendidikan Gratis Bukan Solusi - SMART CAMPZ
Headlines News :

Resource

Home » , , , » Pendidikan Gratis Bukan Solusi

Pendidikan Gratis Bukan Solusi

Written By blogsmartcampz on May 30, 2009 | 10:37:00 PM

Pendidikan di Indonesia menjadikan bangsa lain yang lebih maju dalam bidang pendidikan sebagai tolok ukur keberhasilan pendidikan bangsa. Sehingga seringkali kita melupakan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam undang-undang, yaitu :

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (UU RI, No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Pasal 3).

Kalau pendidikan kita terfokus kepada upaya membentuk manusia seperti yang tercantum dalam undang-undang dan mengesampingkan persaingan dengan bangsa lain, itu akan lebih baik. Karena secara umum pendidikan nasional bertujuan untuk membentuk manusia yang cerdas, bermoral dan bertanggungjawab. Sedangkan pendidikan yang sedang dijalankan oleh bangsa ini adalah pendidikan yang bertujuan untuk menghindarkan bangsa ini dari ketertinggalan dan mengejar Negara lain yang lebih maju dalam bidang pendidikan.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut yaitu dibuat sebuah peraturan tentang nilai standar kelulusan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Dari peraturan inilah kita bisa menyimpulkan bahwa fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam undang-undang sangat dikesampingkan. Karena dalam peraturan tersebut yang menjadi penentu kelulusan seseorang dalam pendidikan adalah nilai yang didapat oleh siswa tanpa menilai moral dan perilaku siswa sehari-hari.

Disampin itu, dengan adanya program wijib belajar sembilan tahun dan ditambah dengan adanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bertujuan untuk meringankan biaya sekolah siswa, kelihatannya akan sangat membantu mengangkat kualitas pendidikan di Indonesia. Namun pada kenyataannya dengan ditanggungnya biaya pendidikan bagi para siswa tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama oleh pemerintah, justru kualitas pendidikan bangsa semakin rendah.

Program bantuan ini akan sangat tepat bilamana hanya diberikan kepada orang-orang yang tidak mampu dan mereka yang membutuhkan terhadap bantuan tersebut. Tetapi karena diberikan kepada semua kalangan, ini menjadi hal yang negative karena beberapa kalangan bantuan ini hanya akan mengurangi motivasi dalam pendidikan, baik orang tua yang merasa dengan bantuan tersebut tidak ada beban biaya besar yang harus dikeluarkan untuk bersekolah sehingga tuntutan terhadap anak merekapun ikut berkurang maupun dari siswa itu sendiri karena kurangnya tuntutan terutama dari orang tua.

Karena itulah sekolah sekarang ini layaknya sebuah budaya, bahkan sebagian masyarakat ada yang menganggap sekolah hanyalah sebuah rutinitas semata bukan sarana untuk mengembangkan potensi diri dan memperluas pengetahuan. Inilah yang menjadi salah satu penyebab pendidikan di Indonesia sangat sulit untuk maju dan bisa bersaing dengan Negara-negara lain yang lebih maju dalam bidang pendidikan. Wallahu a’lam……

PENDIDIKAN GRATIS BUKAN SOLUSI
oleh TauFik I
Share this article :

1 comment:

  1. setuju buanget gue sama yang satu ini bosz... karena gue melihat dan mendengar kakak gue yang buka kursus privat pelajaran SD -SMP _SMU, masa ada anak kls 5 SD bacanya masih ngeja ... dan kelas 3 SD pertambahan aja masih belum bisa ... (krn ketika ku tanya pd anaknya sekolahnya tiap hari cuma 2 jam ... itu pun klo gurunya ada, klo gak ada semua pelajaran jadi pelajaran olahraga)jd untuk apa pake standart kelulusan menurutku? apakah ini yg disebut pendidkan gratis dan berkualitas ??? ironisnya terjadi di kota lagii ....

    ReplyDelete

Give your best comment!

Silahkan berkomentar sesuai dengan pembahasan artikel di atas!

Thank you - Terimakasih - Hatur Nuhun!

Recent Readers

Advertise

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SMART CAMPZ - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template